saran atas solusi atasi kemacetan

Macet lagi-macet lagi, Bandung kini jadi sering macet. kemacetan adalah masalah yang dipikirkan serius oleh pemerintah buktinya sering adanya pelebaran jalan, menempatkan polisi lalu lintas di tiap ruas jalan yang rawan kemacetan dan banyak lagi usaha pemerintah dalam hal tindakan menemukan solusi kemacetan ini. bahkan sekarang sering terdengar opini publik yang diutarakan yang mengusulkan kepada pemerintah untuk membatasi produksi kendaraan, kemudahan dalam mendapatkan kendaraan yang di fasilitasi oleh para pengusaha di bidang otomotif yang memberikan kredit murah. bukan hanya macet beban pemerintah bertambah dengan banjir yang akhir-akhir ini sering terjadi jika hujan turun lebat.
kemacetan juga sering terjadi karena ke egoisan para pengendara kendaraan, terlebih sebagian pengendara sepeda motor yang selalu bersikap egois dan seenaknya, menerobos, merebut ruas jalan.
coba lihat gambar dibawah ini para pengendara dari arah bunderan cibiru ke ujung berung mengambil hampir semua ruas jalan yang dari arah ujung berung ke bunderan cibiru, gambar di bawah ini merupakan bentuk ke-egoisan para pengendara kendaraan.
Lantas kalau begitu solusi apa yang tepat dan terbaik bagi pemerintah untuk memecahkan masalah ini:
  1. Tindakan pemerintah memperluas dan pelebarkan jalan memang sedikit mengurangi kemacetan, memberi keleluasaan untuk pengendara kendaraan untuk dapat melaju cepat, tapi masyarakat banyak banyak yang mengeluh atas tindakan pemerintah dalam hal ini yang sering dikeluh kan masyarakat karena masyarakat merasa kesulitan menyebrang dan rasa takut mereka sangat tinggi untuk menyebrang, hal ini merupakan hal yang harus di ingat oleh pemerintah dalam hal kebijakannya untuk memperluas ruas jalan untuk mencegah kemacetan untuk membuat jembatan layang demi keselamatan pejalan kaki yang ingin menyebrang.
  2. Untuk memcegah kemacetan pemerintah harus benar-benar memperhatikan saluran air, saluran air yang unfungsional dikarenakan tersumbat atau karena hal lain yang membuat saluran ini tidak bekerja maksimal, akan menyebabkan banjir, jelas jika banjir ini sudah terjadi maka kemacetan sulit untuk dihindari.
  3. pengendara yang egois beserta ugal ugalan, ini juga faktor yang tidak bisa di anggap sepele karena hal ini akan menyebabkan kemacetan, solusi untuk pemerintah adalah untuk menempatkan setiap aparatur kepolisian untuk menertibkan hal ini, dan hal ini bisa di cegah apabila timbul dari kesadaran masyarakat itu sendiri.
  4. kemudahan memperoleh kendaraan dengan adanya perusahaan yang menyediakan jasa kredit. hal ini menimbulkan melimpah ruahnya kendaraan di jalan, karena yang memakai kendaraan bukan hanya dari kalangan menengah ke atas tapi jiga sekarang banyak dari golongan menengah ke bawah memiliki kendaraan, hal ini menyebabkan semakin padatnya kendaraan di indonesia.
  5. juga perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor juga berlomba-loba bersaing untuk mengeluarkan produksinya dengan masam macam model yang selalu terbaru sehingga menggiurkan mayarakat untuk membeli kendaraan tersebut, membuat semakin banyaknya kendaraan di bumi indonesia ini. tindakan tepat bagi pemerintah adalah mencoba membatasi produksi besar-besaran para perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar